Langit Langit Lidah Gatal Dan mengeluarkan Lendir

Dunia Kesehatan - Lidah disusun oleh otot sekeletal yang diselimuti oleh papila-papila mukosa yang secara kontinu menghasilkan sekret agar tetap basah. Sedangkan, langit-langit rongga mulut (palatum) tersusun atas tulang keras (palatum durum) dan tulang lunak (palatum mole) yang dilapisi oleh lapisan mukosa (selaput lendir).

Baik lidah ataupun palatum normalnya memang akan tampak licin dan basah. Hal ini penting untuk menjaga kelembaban rongga mulut sekaligus juga membantu proses pencernaan makanan. Karenanya, lidah dan palatum yang terasa licin sebagaimana yang Anda alami sesungguhnya tidak selalu merupakan suatu kelainan.

Rhinitis adalah peradangan dan iritasi yang terjadi di membran mukosa di dalam hidung. Secara garis besar rhinitis dibagi menjadi dua yaitu rhinitis alergi dan rhinitis non alergika. Gejala yang sering timbul dari rhinitis adalah bersin-bersin, hidung tersumbat atau berair,rasa tidak nyaman atau iritasi ringan di dalam dan area sekitar hidung, nyeri otot, dan sebagainya.


Penyebab dari rhinitis alergi adalah kelupasan kulit mati atau rambut hewan, tungau debu, serbuk sari dan spora, dan bahan kimia di tempat kerja.

Sedangkan pada rhinitis non alergi disebabkan karena faktor lingkungan (perubahan cuca,wangi parfum, asap rokok, uap cat), penggunaan dekongestan rongga hidung berlebih, dan infeksi.Gatal pada langit-langit mulut bisa disebabkan karena faktor kebersihan mulut yang kurang baik, iritasi, dan mungkin adanya infeksi.

Untuk memastikan apakah seseorang terkena rhinitis maka harus dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh oleh dokter untuk penanganan yang tepat. Untuk mengatasi rhinitis dapat dilakukan dengan cara :

  • Cuci mulut dan hidung dengan larutan air garam
  • Hindari pencetus yang dapat menyebabkan alergi seperti debu, bulu hewan dan sebagainya dengan menjaga kebersihan
  • Pastikan rumah Anda memiliki ventilasi yang baik
  • Berolahraga
  • Hindari asap rokok
  • Banyak minum air putih sebaiknya dengan air putih hangat
  • Makan makanan yang bergizi
  • Jangan menggunakan pakaian yang lembab dan jangan menjemur pakaian di dalam ruangan tertutup

Ada Juga Cara Pengobatan yang lain 


Pada saat pengobatan harus meninggalkan merokok, karena komponen dalam komposisi tembakau mengganggu penyembuhan jaringan.pemulihan awal, menghilangkan kemerahan dan gatal-gatal akan memfasilitasi penghapusan obat kumur soda- air garam, Furacilinum, larutan lemah mangan, serta decoctions herbal atas dasar calendula, chamomile, kulit kayu ek, linden, sage, kayu putih, dll

Kita telah melihat kasus di mana peradangan disebabkan oleh situasi sehari-hari.Banyak pasien bertanya apa gatal surga di mulut Anda, jika alasan yang jelas untuk ini adalah tidak.Dalam hal ini, peradangan, kemungkinan besar disebabkan oleh mikroflora patogen pada latar belakang dari sistem kekebalan tubuh yang lemah. bakteri, jamur dan virus menembus microcracks kartu lembut dan lendir pada umumnya, mulai aktif berkembang biak dan mengeluarkan produk-produk limbah( racun).